Welcome

Hi, I am Thesa and this is my first blog.
I'd like to share with all of you, our daily food with simple recipes. I got some from my mother, books, friends and some trial and error recipes. Hope you enjoy my blog and usefull for you.


Happy Cooking,
Thesa

Apr 1, 2009

Nasi Goreng Lezat (Versi 1)

Nasi goreng ini saya buat dalam 2 versi, versi 1 saya namakan nasi goreng jawa and versi ke-2 nasi goreng ala chinese...coba deh baru rasakan bedanya!!! Sangat cocok buat sarapan pagi bareng-bareng keluarga. (Picture-nya nyusul ya..)

  • Bahan-Bahan :
    3 piring nasi putih
    Sayur hijau secukupnya, cuci bersih
    Kol secukupnya, cuci bersih
    1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
    Minyak secukupnya untuk menumis
    Potongan sosis
    Jamur secukupnya
    1 butir telur
    Suwiran daging ayam secukupnya
  • Bumbu yang dihaluskan :
    4 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    2 buah cabai rawit (tergantung selera)
    1 buah tomat
    Terasi bakar secukupnya
    Garam ½ sdt
    Gula pasir ½ sdt
    Penyedap (jika suka)
    Bahan-bahan lainnya ;
    Kecap manis 1 sdm
    Kecap asin ½ sdt
    Saus tomat ½ sdm

    Note : Sosis,jamur,telur,ayam adalah bahan tambahan agar lebih gurih, namun sebagai alternatif bisa diganti dengan bahan lain sesuai selera seperti udang,rempela ayam,dll.
  • Cara membuat :
    Pertama-tama panaskan wajan dan buat telur orak-arik kemudian sisihkan. Supaya telur terorak-arik dengan ukuran tidak terlalu kecil, caranya adalah setelah minyak panas, biarkan telur dalam wajan, (jangan langsung di orak-arik) sampai sudah hampir matang, baru kemudian diorak-arik. Hal ini akan membuat potongan telur menjadi lebih besar untuk dinikmati nanti.
    Kemudian, panaskan minyak lagi tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum, kemudian masukkan suwiran daging ayam, potongan sosis, jamur sampai agak matang kecoklatan. Setelah itu masukkan sayuran hijau dan kol sampai agak layu baru masukkan nasi dan telur yang telah diorak-arik tadi kemudian matikan kompor.
    Selama kompor dimatikan, masukkan bahan-bahan lainnya, apabila takaran diatas kurang tambahkan sesuai selera, aduk-aduk sampai merata, kemudian hidupkan kompor sambil tetap diaduk-aduk masukkan taburan daun bawang. Matikan kompor dan siap untuk disajikan. Beri taburan bawang goreng dan timun secukupnya

No comments:

Post a Comment